Usaha Tahu MBAH TUMI


Mbah Tumi: Tahu Menjadi Tumpuan Hidupku

Nilai gizi dan pasar yang luas terhadap makanan khas Indonesia ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Mbah Tumi salah satu warga Desa Ngunut yang memproduksi secara masal dan professional makanan olahan tahu. Seperti diketahui bersama makanan khas Indonesia ini sudah diakui dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pola makan orang Indonesia.

Melihat pola konsumsi dari tahu yang menjadi komoditas yang sudah rutin, mempunyai pangsa pasar yang jelas. Besarnya potensi pasar yang ada menjadikan garapan satu ini begitu diperhatikan oleh keluarga Mbah Tumi, semenjak 65 tahun yang lalu keluarga dengan empat anak itu begitu konsisten untuk bertumpu kepada produksi tahu.

Dibantu oleh salah seorang anaknya Jatmiko keahlian meracik dengan rasa yang khas menjadikan ciri tersendiri dari tahu Mbah Tumi ini bisa diterima masyarakat luas meskipun sudah puluhan tahun. Mbah Tumi mengakui dengan keberadaan pasar yang luas menjadikan ekonominya yang ditopang oleh produksi tahu bisa menyekolahkan anaknya hingga bangku kuliah. Dirinya juga bercerita panjang lebar bagaimana perjuangannya yang pada awalnya bersusah payah memasarkan dan membuat tahu secara manual kini sudah mengalami kemajuan dengan berbagai alat yang modern yang tentunya lebih memudahkannya dalam memproduksi tahu secara masal. Dirinya juga mengungkapkan keberadaan berbagai olahan modern tetap tidak mampu menggeser pangsa pasar dari tahu yang diproduksinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO