TIPS MEMBUKA PELUANG USAHA

Menjadi pengusaha adalah keinginan mulia yang perlu didukung, sedari dini mental bisnis dan berwirausaha sudah harus ditumbuh kembangkan, karena kesuksesan adalah sebuah proses panjang, jadi akan lebih efektif dan efisien jika kemampuan usaha dan berbisnis sudah ada sedari kecil. Di lain sisi, dunia bisnis dan wirausaha memerlukan proses trial error yang cukup kompleks, memakan banyak waktu, energi dan tentunya biaya yang tak kecil nilainya.

Namun, hasil dari kesuksesan usaha bisnis yang dijalani akan menghantarkan kita pada sebuah kehidupan yang lebih hidup, karena kebebasan finansial ( financial freedom ) dan kebebasan waktu akan kita miliki. Kita tidak lagi perlu menggadaikan waktu dengan sejumlah uang karena uang telah bekerja untuk kita, dan kita bisa bebas menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang kita cintai karena waktu kita sangat banyak terluang.

Terlebih dalam era globalisasi dan pasar bebas seperti saat ini, dimana efeknya mungkin masih belum seperempat jalan, banyak bidang kehidupan akan dikuasai oleh mereka yang memiliki uang dan waktu yang berlebih, dan tentu saja kebanyakan mereka bisa jadi adalah para pengusaha, atau pun para pekerja luar negeri yang ingin mengekspansi Indonesia dengan berbagai produk dan kinerja mereka.
Agar tidak menjadi pembantu dan buruh di negeri sendiri yang bekerja untuk mereka itulah, kita perlu membangun usaha dan menjadi pengusaha sukses hingga bisa menjadi tuan dan bukan pesuruh di negara kita tercinta. Disini saya akan berbagai beberapa kiat sukses berwirausaha yang saya pahami untuk rekan semua.
Asahlah inovasi dan kreatifitas. Karena dunia bisnis sangat memerlukan kedua nya, jika kita bisa menciptakan suatu tren produk baru hasil karya inovasi dan kreatfitas kita, maka kita pun akan menguasai suatu pasar baru yang telah kita bentuk sendiri.

Belajarlah dari pengalaman orang lain, jika pepatah mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik“, maka dalam dunia bisnis pepatah sesungguhnya adalah “Pengalaman orang lain adalah guru terbaik“. Kita tidak perlu mengalami segala hal karena kita bisa mempelajarinya dari pengalaman sukses dan gagal orang / pengusaha lain.

Jelilah dalam melihat Read Ocean dan Blue Ocean, read ocean adalah pasar yang telah penuh dengan pesaing sedangkan blue ocean adalah pasar yang masih baru dan sepi dari pesaing, dengan jeli dalam menganalisa jenis suatu pasar, kita akan memperkecil kesalahan dalam mengambil suatu keputusan usaha.

Amati, Tiru dan Modifikasi, tidak ada yang salah dalam proses meniru selama kita melakukan modifikasi didalamnya. Karena saat ini hampir bisa dikatakan tidak ada hal yang pure / sama sekali baru, semua nya adalah hasil modifikasi dari proses meniru.

Berani menghadapi kegagalan dan kerugian, bisnis sebagaimana dikatakan sebelumnya penuh dengan proses trial dan error, kegagalan atau kerugian yang dialami hendaklah dijadikan motivasi untuk lebih sempurna dalam merencanakan kesuksesan usaha.

Dunia bisnis memerlukan mental bisnis, dunia usaha memerlukan mental dan cara befikir seorang pengusaha. Oleh karena itu, asahlah pola pikir dan mental anda dengan sering membaca, mengikuti workshop dan berbagai kegiatan serupa lainnya untuk tujuan mengasah mental dan pola pikir usaha anda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO