SMA MUHIPO GELAR FESTIVAL TARI KREASI REYOG PONOROGO

Group Taruno Suryo Muhipo dan Doktor Mulyani
Keberadaan kesenian luhur Ponorogo berupa kesenian Reyog begitu diapresiasi oleh SMA MUHIPO. Sekolah Pimpinan doktor Mulyani ini konsisten terhadap misi sekolahnya dalam menjaga kearifan lokal berupa kesenian khas Reyog dengan berbagai seni tarinya. Seperti yang nampak pada hari minggu (18/03) sekolah yang berada di depan stadion ini menggelar Festival tari kreasi Reyog Ponorogo tahun 2012


Kegiatan yang dipusatkan di halaman sekolah ini di awali dengan pertunjukan dari group reyog Taruno Suryo yang merupakan bagian ekstrakurikuler dari SMA Muhipo. Kiprah taruno Suryo tentu tidak diragukan lagi group ini sudah 3 kali berpartisipasi   pada festival reyog  nasional. Jika awal penampilannya masih menjadi peserta biasa, pada tahun 2011 menjadi 10 besar Pembina terbaik dan untuk yang terakhir menjadi juara 6 pada festival yang sama.

Pada sambutannya doktor Mulyani menegaskan konsep kearifan lokal yang dilaksanakan oleh SMA MUHIPO dipresentasikan dengan 2 hal yaitu berkesenian dan tetap menjunjung nilai keagamaan atau diistilahkan nilai santri. “Inilah yang konsisten menjadi acuan dalam mengembangan pendidikan di sma muhipo “Ungkapnya. Doktor UNS ini berharap kedepan para peserta bias bergabung dengan SMA Muhipo sehingga  bakat dan kemampuan mereka dalam berkesenian dan berprestasi dalam bidang akademik bisa lebih dikembangkan lagi. Dirinya mengungkapkan segala kelengkapan reyog di SMA Muhipo telah komplit untuk menunjang kratifitas dan menyalurkan bakat anak didik dalam berkesenian.


Sementara Sugeng Riyadi selaku Pembina group reyog Taruno SURYO SMA Muhipo mengungkap Asset budaya nasoinal memang seharusnya diapresiasi dikembangkan dan difasilitasi untuk tetap lestari, salah satunya dengan even festival tari kreasi reyog  tahun 2012. Dirinya melihat meskipun digelar perdana tapi antusiasme dari peserta sekolah SMP favorite luar bias. Lebih jauh dirinya menginformasikan untuk teknis festival ini kelengkapan seni tari harus ada 3 komponen yaitu Jathil dipadu dengan Warok dan Ganongan. Sugeng Riyadi juga memastikan ke depan even serupa akan digelar tingkat bakorwil Madiun yaitu pada tanggal 23 Desember 2013.

Kegiatan Festival tari kreasi Reyog Ponorogo tahun 2012 ini juga menghadirkan juri berkompeten di bidang seni yaitu Sodiq yang juga merupakan juri festival reyog nasional, Dyah Ayu Ambarsari yang juga merupakan sarjana tari ditambah Agung Subroto praktisi pendidikan dan pengamat seni. Dengan memperebutkan piala dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo  dan piala dari Kepala Sekolah SMA MUHIPO.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO