Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

Nama Lengkap
:
Ahmad Rony Yustianto, ST
Tempat / Tanggal Lahir
:
Ponorogo, 4 Januari 1975
Nama Ayah
:
Dr. M. Sofwan Chudhorie
Nama Ibu
:
Sri Ismiyanti
Pendidikan
:
( S-1 ) Teknik Arsitektur Universitas Brawijaya ( 1998 )
Pekerjaan
:
  • Direktur CV. Amal Sarana Mandiri (General Contractor), 1998 – 2001
  • Direktur CV. Pancanaka, Rental Alat Berat, Suplier, 2001 – Sekarang
  • Direktur PT. Pancanaka Swasakti Utama, Holding, 2001 – Sekarang
  • Direktur PT. Pancanaka Konstruksi Utama, General Contractor, 2005 – Sekarang
  • Direktur Utama PT. Cahaya Raga, Developer Jabodetabek, 2009 – Sekarang
  • Direktur Utama PT. Diyatama Pancanaka, Developer Kalimantan, 2009 – Sekarang
  • Direktur Utama PT. Pancanaka Samakta, Developer Sumatera, 2009 – sekarang
  • Komisaris Utama PT. Kibar Pancanaka, Developer Highrise Building, 2011 – sekarang
  • C E O Pancanaka Rejeki Bhd. Sdn, Developer Malaysia, 2012 – Sekarang

Ahmad Rony Yustianto, asli orang Ngunut yang akrab dipanggil Rony, membangun Pancanaka Property mengundang decak kagum. Dalam tempo 11 tahun, dia mampu mewarnai bisnis property di tanah air dengan sekitar 30 proyek perumahan yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Tidak hanya itu, dia bahkan mulai melakukan ekspansi bisnis dengan membangun kompleks perumahan di Johor – Malaysia di atas lahan 30 hektar, untuk membuktikan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di negeri seberang.

Lulusan Arsitektur UB tahun 1998 ini memulai bisnis dari nol. Sejak semester 6, Rony mulai diminta membantu ayahnya yang dipercaya untuk mengawasi beberapa proyek pembangunan gedung dalam skala kecil. Meskipun tidak langsung bersentuhan, dia mulai merasakan atmosfer bisnis di bidang konstruksi.
Mengawali karir usahanya dengan menawarkan desain furniture dan desain rumah tinggal. Beberapa orang kemudian tertarik dengan desain arsitekturnya dan sekalian dia diminta untuk membangunnya. Kegigihannya berusaha kemudian menarik perhatian sebuah pengembang di Malang untuk membuat desain arsitektur bangunan – bangunan villa yang eksklusif.

“Di situ saya banyak berkenalan dengan para calon pembeli yang berduit. Jadi, selain merancang desain yang mereka kehendaki, saya juga tawarkan untuk desain interiornya”, tutur Rony, “Saya juga akrab dengan karyawan – karyawan di situ, dan saya juga dapat banyak ilmu tentang bisnis property”.

Tahun 2001, ada tiga temannya dari developer villa itu yang menghubungi saya, Kabag keuangan, orang teknik, dan orang perijinan. Mereka bilang ada tanah kavling murah, yang punya lagi butuh duit, tidak banyak, cukup DP saja”, ungkap Rony mengisahkan awal bisnisnya. Kami berempat sepakat, meski dengan modal minim, untuk memulai bisnis property”.

Tidak seindah yang dibayangkan. Diakuinya, proyek pertama itu begitu menguras tenaga dan pikiran. Pengalamannya yang minim di bisnis property membuatnya sering masalah yang tak mampu diantisipasi sebelumnya. Penjualan tersendat, arus keuangan tidak lancer, ditambah lagi tanggungan – tanggungan yang harus dibayar mulai dari bahan bangunan hingga upah tukang.

Berbagai cara ditempuh untuk membuat usahanya tetap berjalan. Rony pun harus gali lubang tutup lubang untuk biaya operasional, diantaranya dengan memanfaatkan kartu kredit. Hingga akhirnya Rony harus menghadapi kenyataan ketika dia gagal memenuhi komitmennya dengan pemilik tanah. Beruntung, dengan meminjam fasilitas ayahnya, Rony akhirnya mendapat kucuran dana segar dari salah satu bank nasional.

Rony mengaku banyak belajar hidup dari sang ayah, M. Sofwan Chudorie, tokoh NU yang kemudian menjadi Anggota DPRD Ponorogo, Anggota DPR – RI. Sikap keras dan idealisme membuat sang ayah dicekal dari kegiatan politik, bisnis pun dihambat, selama orde baru. Hebatnya, sang ayah tidak pernah tergiur dengan berbagai tawaran politik, dia lebih memilih mempertahankan idealism dan bekerja apa saja untuk bertahan.

Menurut Rony, kunci keberhasilan adalah ketika seseorang memiliki kemampuan (head), sentuhan hati (heart) dan keberanian atau nyali (guts).

Sumber : Kiprah 100 Alumni Universitas Brawijaya
               Muh. Ferry Afriandy

Komentar

  1. Bagaimana cara menghubungi pemilik pancanaka group. Saya salah satu pembeli rumah di pancanaka city tanjungpinang, saya sudah beli sejak mei 2015 tapi sampai sekarang belum jadi, tanpa progres dan tidak ada kejelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bu ane..apakah sudah dapat cp pemilik pancanaka? bisa bantu saya bu?

      Hapus
    2. Saya juga dr Tanjungpinang, sdh lunas bayar booking fee & uang muka dr akhir 2017 sampai skrg tdk dibangun...apa ada yg bisa bantu?

      Hapus
    3. Buat Somasi saja pak ke kepolisian, buat somasi dengan customer yang lain yang bermasalah, dan publish di media sosial agar tidak terjadi korban lg

      Hapus
    4. Salam dari Banten, kami konsumen Pancanaka Serang Garden mengalami hal yang sama

      Hapus
  2. Tagihan dari perusahaan saya belum juga dilunasi oleh pihak pancanaka , pelayanan yang sngat buruk terutama pancanaka kantor malang , harap ditindak lanjuti kinerja karyawan

    BalasHapus
  3. ini gmn y dengan kasus serang mau 4 tahun gda kejelasan.saya minta uang saya balik malah di bilang uang saya udah gda lah gmn ni??

    BalasHapus
  4. Mohon bantuannya pak saya yg mengerjakan taman di pancanaka serang garden sudah 1th sy ga dibayar2. Tolong pak saya orang kecil mohon dibantu.

    BalasHapus
  5. La city apartemen jg gmn nih progressnya? Hati2 klo sdh menzolimi orang Pak. Banyaakk lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Somasi saja pak ke kepolisian, buat somasi dengan customer yang lain yang bermasalah, dan publish di media sosial agar tidak terjadi korban lg

      Hapus
  6. Pancanaka swastika pengembang bermasalah!!!!!

    BalasHapus
  7. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  8. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  9. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  10. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  11. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  12. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  13. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
  14. Pa rony beresin perumahan pesona pancanaka tasikmalaya, unit saya sdh mau 5thn ga beres-beres!!! Malah jadi kebon saya beli rumah bukan beli kebon, kalo anda propesional selesaikan dong jangan kabur & menghindar terus!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Somasi saja pak ke kepolisian, buat somasi dengan customer yang lain yang bermasalah

      Hapus
  15. Pa Rony, perumahan Pancanaka city view Garut juga mohon tindak lanjut nya, sudah lama tidak ada kejelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Buat Somasi saja pak ke kepolisian, buat somasi dengan customer yang lain yang bermasalah, dan publish di media sosial agar tidak terjadi korban lg

      Hapus
  16. Pak Roni selaku direktur Pancanaka tolong selesaikan permasalahan perumahan di Pancanaka Ciawi Tasikmalaya. 11 rumah yg Cash sampe sekarang sertifikatnya belum diberikan. Fasilitas umum mangkrak, kejelasan sertifikat yg tergadai di BTN Bandung gimana sampe sekarang blm ditebus, masa konsumen harus menebus sendiri sedangkan hutang tersebut dibuat dibikin oleh Pak Roni. Tolong tanggungjawabnya.jangan kabur. Kantor aja sdh tutup. Kemana kami konsumen Pancanaka harus mengadu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam dari Banten, kami konsumen Pancanaka Serang Garden mengalami hal yang sama

      Hapus
  17. Pancanaka dimana mana memang bermasalah. Kalau sudah berani dzolim terhadap banyak orang, siap-siap azab menanti pak!

    BalasHapus
  18. buat malu nama Bapak dan keluarga nya..mau sukses tapi tingkah nipu in banyak oramg yang mau punya rumah..
    mafia ..kalo ga punya modal jangan spekulasi ..uda beli digadaikan.
    modus pake PT baru tapi bayar ke pancanaka saya doakan 7 turunan Si Roni kena azab ..hukum didunia bisa di akalin tapi Azab doa banyak pasti terkabul Amiin

    BalasHapus
  19. TANJUNGPINANG – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang sedang menangani permasalahan sengketa hak kepemilikan hak atas tanah antara masyarakat (konsumen) dengan Pancanaka City (developer atau pengembang). Ini dibuktikan dengan pihak BPN Kota Tanjungpinang untuk ketemu langsung dengan masyarakat di Kawasan Perumahan Pancanaka City berada di Kelurahan Batu IX, Jalan Garuda, Km 10 Tanjungpinang, Rabu (4/3).

    Pertemuan itu untuk mengetahui objek bangunan yang sudah dibeli oleh masyarakat ke pihak developer atau pengembang perumahan dalam hal ini Pancanaka City. Apalagi pihak Pancanaka City yang kini sudah tidak diketahui keberadaanya menganggunkan surat sertifikat rumah milik konsumennya ke Bank BTN Batam. Celakanya pihak BTN Batam mau saja menerima tanpa melihat langsung ke lapangan objek yang diagunkan.

    BalasHapus
  20. Gmana pak gaji saya sebagai karyawan yg setahun belum dibayar juga...ingat pak makan keringat orang..

    BalasHapus
  21. Saya pernah bekerja disitu selama 2 bulan sebagai legal, jujur uang gaji tidak pernah saya ambil, lihat buka di internet tiba tiba koq jadi seperti ini... Wadaaaah

    BalasHapus
  22. LOAN NOW
    TAWARAN PERKHIDMATAN PINJAMAN, MOHON SEKARANG DAN DAPATKAN KELULUSAN TANPA STRESS ATAU BERTANGGUH.




    Hello, Adakah anda memerlukan pinjaman daripada Syarikat yang paling dipercayai dan boleh dipercayai
    di dunia? jika ya, hubungi kami sekarang kerana kami menawarkan pinjaman kepada semua
    kategori pencari sama ada syarikat atau untuk kegunaan kakitangan.Kami menawarkan
    pinjaman pada kadar faedah 2%, Hubungi kami melalui Whatsapp +918794792073
    mghfbibdgf@gmail.com

    BORANG PERMOHONAN PENCARI PINJAMAN
    *******************************
    1) Nama Penuh:
    2) Jantina:
    3) Amaun Pinjaman Diperlukan:
    4) Tempoh Pinjaman:
    5) Negara:
    6) Alamat Rumah:
    7) Nombor Mudah Alih:
    8) Nombor Faks:
    9) Pekerjaan:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Tarikh Gaji:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Di manakah anda mendapat iklan pinjaman kami:
    mghfbibdgf@gmail.com

    BalasHapus
  23. Hari baik untuk semua orang yang membaca pesan ini. Ada cara untuk mendapatkan uang tanpa stres, hubungi (THOMAS FREDDIE) untuk mendapatkan [KARTU ATM] kosong hari ini dan menjadi salah satu orang yang beruntung yang mendapatkan manfaat dari kartu ini. Kartu ATM kosong yang DIPROGRAM ini mampu meretas mesin ATM mana pun di dunia. Saya mendapatkan kartu master saya dari Hacker yang baik di internet, dengan Kartu ATM ini saya dapat mengumpulkan €10000Euro setiap hari melalui kontak:
    thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Saya sangat miskin tetapi kartu ini telah membuat saya kaya dan bahagia, Jika Anda ingin mendapatkan kesempatan ini untuk menjadi kaya dan membangun bisnis Anda, maka ajukan permohonan untuk kartu Master ini, saya sangat senang dengan ini karena saya mendapatkan milik saya minggu lalu dan saya punya menggunakannya untuk mendapatkan €247,000.00Euro dari THOMAS FREDDIE UNLIMITED Peretas membagikan kartu tersebut hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan dan mereka JUGA MENAWARKAN BANTUAN KEUANGAN. dapatkan milik Anda dari THOMAS FREDDIE UNLIMITED HACKERS hari ini. Silakan hubungi mereka melalui Email thomasunlimitedhackers@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO