Minggu, 31 Maret 2013

Sekolah Adiwiyata SMPN 1 Ponorogo

Kukuhkan pelopor budaya dan peduli lingkungan

Tim adiwiyata SMPN 1 Ponorogo bergerak cepat merespon tindak lanjut setelah sekolah ini dinobatkan menjadi sekolah adiwiyata kabupaten. Momentum untuk bisa berprestasi di tingkat propinsi dan selanjutnya menjadi sekolah adiwiyata nasional begitu serius digarap oleh sekolah dibawah binaan Parwoto, M.Si. Disamping juga semua ini ditujukan dalam rangka penyelamatan lingkungan dari kerusakan yang sekarang sudah begitu kentara.“Di samping dalam rangka mewujudkan sekolah adiwiyata nasional, kami berusaha menanampakn mental agar anak cinta lingkungan dengan membuang sampah yang benar, mengolah dan memanfaatkan secara optimal sampah yang bisa didaur ulang,” terangnya.

Dirinya menambahkan berbagai agenda telah dan terus dilakasanakan oleh sekolahnya diantaranya pengukuhan tim adiwiyata yang terdiri dari guru, karyawan dan siswa, selain juga terus melengkapi berbagai sarana dan prasarana dalam rangka menunjang program adiwiyata

SMPN 1 Ponorogo juga melibatkan warga lingkungan sekitar sekolah di samping partisipasi dari siswa,  dari setiap kelas siswa wajib menghijaukan lingkungan kelasnya, berupa tanaman bunga. Pemilahan sampah organik dan anorganik juga penanganan sampah agar tidak menjadi sumber penyakit. Bahkan SMPN 1 Ponorogo rupanya juga sudah mengadakan workshop berkaitan dengan integrasi materi lingkungan hidup ke mata pelajaran.”Guru mangadopsi materi lingkungan hidup dan menyisipkannya di mata pelajaran. Demikian juga peran wali kelas untuk selalu memberikan motivasi dan teladan dalam hal berbudaya dan peduli lingkungan,” jelasnya.

Lebih jauh Parwoto menjelaskan ending dari program ini merubah perilaku warga sekolah agar lebih peduli terhadap lingkungan karena kerusakan lingkungan sudah menghantui kehidupan kita. “Jika ini tidak dimulai dari diri sendiri dan lembaga maka alam akan rusak, dan ini sudah banyak tanda tanda kerusakan alam. Karakter bangsa yang peduli lingkungan diharapkan bisa lahir dari program adiwiyata ini,” ujarnya.

Parwoto berharap adanya progam ini bisa menjadikan sekolah yang dipimpinnya dalam meraih impian sesuai dengan visi sekolah yaitu terdepan dalam kwalitas imtaq, iptek, budi pekerti luhur, berbudaya dan peduli lingkungan.“Aspek terakhir inilah yang sekarang sedang ditanamkan secara getol oleh keluarga besar SMPN 1 Ponorogo,” imbuhnya

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar