Kacang Panjang Bapak PURNOTO


Kacang panjang populer di Indonesia dan dikonsumsi sebagai komponen sayuran.
Kacang panjang merupakan sumber nutrisi yang baik, sebab kandungan senyawa aktifnya cukup kompleks.
Permintaan pasar terhadap kacang panjang cukup stabil, karena itu wajar jika banyak petani yang menanam kacang panjang sebagai penopang ekonomi mereka. Pada dasarnya budidaya tanam kacang panjang cukup mudah, sama seperti tanaman pertanian lainnya.
Faktor seperti medium tumbuh, bibit, perawatan dan masa panen merupakan faktor utama dalam budidaya kacang panjang.
Seperti yang sedang di jalani Bapak Purnoto, dari Desa Ngunut. Ia menanam kacang panjang, dan saat ini sedang berbuah lebat. Dengan lahan bekas tanaman cabe merah, langsung ditanami kacang panjang, penanamannya pun tidak terlalu rumit, namun karena faktor cuaca yang sangat mendukung, sehingga pertumbuhan kacang sangat bagus.
Di saat rame - ramenya waktu memanen, hargapun sangat stabil, sehingga Bapak Purnoto dapat memetik kacang 2 kali sehari, antara pagi dan sore hari. Sekali petik bisa mendapatkan 30 - 40 kg, dengan harga per kilo Rp. 3.000,00.
Kini Bapak Tauchid pun mengikuti jejak Bapak Purnoto. Bapak Tauchid kini merintis menanam kacang panjang, tanaman yang tumbuhy subur tersebut sangatlah menyenangkan bagi yang melihat, terlebih letak lahannya di pinggir jalan Dul Cangkring Desa Ngunut.
Memang budidaya sayur mayur di saat ini sangatlah menguntungkan bagi para petani dengan harga yang stabil dan konsumennya sangat banyak penggemarnya.

Oleh : Mas Maulani

Komentar

  1. gemah ripah lohjinawi bumi Indonesia,,smuga menjadi Rizki yang Berkah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO