Tips Budi Daya Ikan LeLe Dari Pak Ikus (Petani Ikan dari Desa Ngunut)

Ikan lele merupakan salah satu jenis hewan air yang banyak di konsumsi oleh orang. Dan itu berimbas dengan adanya sebuah peluang bagi pembisnis untuk budidaya ikan lele. Untuk itu di sini ada beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui apabila ingin terjun ke bisnis Budidaya Ikan lele.

Perlu diketahui, lele bisa bertahan hidup dalam air yang kadar oksigennya sangat rendah, (lele bisa mengambil oksigen langsung dari udara, itu sebabnya lele bisa bertahan hidup agak lama walau di luar air). Hanya saja ketika lele masih kecil-kecil, rentan terhadap penyakit ikan, yg salah satunya disebabkan karena kualitas air kurang bagus. Kualitas air dapat dilihat dari warnanya, jika warnanya keruh coklat, bisa dibilang agak jelek, tapi kalau hijau berarti kandungan oksigen cukup bagus.

>>Tips Persiapan kolam untuk Budidaya Ikan Lele :
  • Isi kolam dengan air sdikit saja (jangan penuh)
  • Jangan langsung di isi lele (nanti lele stres terus mati) tetapi biarkan 2-3 hari
  • Tambahkan tanaman air juga bagus
  • Kasih suplemen untuk meningkatkan kwalitas air biar tambah OK

>>Tips Tebar benih :

Kalau sudah beli/cari benih lele. Jangan langsung ditebar ke kolam, masukkan bersamaan dengan plastik pembungkus benihnya dan biarkan kurang lebih 1/2 jam sampai suhu air dalam plastik = suhu air kolam, setelah itu baru ditebar secara perlahan2 (biar tdk kaget)
Masalah pakan.. beli saja yang sudah jadi.. (males repot kalo kudu buat sendiri) tapi sesuaikan dengan usia dan ukuran lele anda (ukuran mulut lele).

Komentar

  1. klo gurameh,,perlakuanya gmn bossssss

    BalasHapus
  2. pak ikus slamt ya dengan ketekunanya bersama ikan ini,,smuga menjadi rizki yang berkah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO