DENGAN RUMAH KOMPOS PRODUKTIFITAS PETANI NGUNUT MENINGKAT


Kompos produk unggulan desa
Pertanian di Ngunut bisa dikatakan selangkah lebih maju bila dibandingkan dengan desa tetangga. Ini sejak adanya rumah kompos bantuan dari pemerintah pusat. Komplit dengan mesin dan motor operasional. Bantuan senilai 100 juta ini dirincian 60 juta berupa bangunan, 20 juta berupa alat angkut tossa dan 20 juta lagi berupa mesin giling.  Rumah kompos yang dibangun di tanah kas desa jalan maron cangking ini begitu optimal dimanfaatkan masyarakt Ngunut .

Terbukti dengan produktifitas hasil berupa pupuk yang sehari sudah berproduksi hampir 15 ton. Dimanfaatkan dan didistribusikan ke 4 kelompok tani yang tersebar di seluruh ngunut.
Diutarakan oleh tauchid BA adanya rumah kompos ini sangat membantu dalam usaha petani meningkatkan produktifitas pertaniannya.  Selain mengembalikan kesuburan tanah, pupuk organik ini ternyata juga mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit dan hama pada pertanian.
Dari pupuk organik ini juga para petani di desa Ngunut dapat menghasilkan produk pertanian semi organik. “Kedepan diharapkan dari penggunaan pupuk organik hasil olahan rumah kompos ini bisa menghasilkan produk pertanian organik murni” harap tauchid selaku ketua gapoktan Rukun Sejahtera Abadi Ngunut Babadan Ponorogo.

Komentar

  1. hasilnya gmn terhadap tanaman,dah diuji laborat pa blum ya,,,klo sudah speknya bagaimana?

    BalasHapus
  2. udah uji laborat pa blum ya iki

    BalasHapus
  3. harga per kilogramnya berapa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO