MENJADI DESA YANG SEHAT “NGUNUT TERHINDAR DARI PENYAKIT”

Bu Yayuk (Bidan Desa Ngunut sedang memeriksa pasien)
Sebagai desa yang besar dengan jumlah penduduk yang besar pula, maka upaya peningkatan kesehatan pun juga sangat gencar  dilakukan. Dalam setahun terakhir warga desa Ngunut yang pergi berobat ke Polindes mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan adanya pengaruh musim pancaroba. Yaitu, ketika di siang hari udara terasa panas, dan di malam hari udara yang sangat dingin, membuat badan yang rentan terhadap penyakit tidak mampu menghalau datangnya penyakit. Penyakit yang diderita pada musim ini biasanya adalah flu dan batuk. Namun demikian penyakit yang ringan tersebut tidak bisa diremehkan, tetap harus diperhatikan kesembuhannya. Karena tidak menutup kemungkinan, jika terus dibiarkan penyakit ini akan menyebar pada yang lain, karena virus yang menyebabkan penyakit tersebut mudah sekali menular, terlebih pada anak-anak.

Di Polindes ini,  pasien yang datang berobat secara umum meningkat pada usia 20-54 tahun. Sedangkan pada usia <20 th dan >54 th stabil. Secara keseluruhan pasien Polindes meningkat dari tahun 2012-2013, terbukti dengan adanya data pasien:



Tahun
Bulan
Jumlah Pasien
2012
Desember
102 orang
November
78 orang
2013
Januari
165 orang
Februari
219 orang
Maret
206 orang









Dari sekian banyaknya pasien yang ada, maka pihak polindes meningkatkan pula pelayanan yang diberikan meliputi memberikan obat-obatan. Selain pengobatan upaya pencegahan berupa kebersihan lingkungan juga harus diterapkan. Hal ini dikarenakan dengan adanya lingkungan yang bersih serta sanitasi yang baik maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan yang lebih baik.

Oleh : Hidayatul Mukarromah & Cici Deviari

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO