PILKADES SEBAGAI PESTA PEMILIHAN PEMIMPIN MASYARAKAT

Genderang Pesta demokrasi pada skup tataran pemerintahan yang terkecil yaitu PILKADES yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo sudah mulai dibunyikan. Di warung, di toko, pada pertemuan RT, pada acara genduren, ataupun dimanapun ada orang berkumpul PILKADES tetap menjadi topik utama pembicaraan yang paling hangat. Kegiatan tersebut  tetap menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi seluruh lapisan masyarakat untuk diperbincangkan, meskipun kadang hanya sekedar basa basi.

Terlepas dengan hal tersebut ada beberapa hal yang mesti kita cermati dengan adanya pesta demokrasi tersebut. Salah satu hal yang perlu kita cermati adalah apakah pesta tersebut  sudah bisa dipergunakan masyarakat untuk memilih pemimpin ( KEPALA DESA ) yang benar-benar memiliki kemampuan yang cukup dan berkompentensi dengan jabatan yang akan diemban.Sehingga masyarakat dapat memiliki seorang pemimpin yang berkwalitas yang dapat membawa kemajuan desanya masing-masing.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah masih kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya memilih seorang calon kepala desa yang benar-benar berkwalitas. Di sana sini yang dibicarakan cuman sebatas uang uang dan uang, mana yang memberi uang paling banyak maka dialah yang akan dipilih. Sehingga kadang dalam masyarakat ada orang yang punya kemampuan yang baik karena faktor tidak punya biaya tidak berani mencalonkan diri, lebih parah lagi ada desa setelah beberapa kali dibuat panitia pemilihan tidak ada yang berani mencalonkan diri. Hal itu biasa terjadi pada desa-desa dengan jumlah penduduk yang besar. Akibat hal tersebut roda pemerintahan desa tidak bisa berjalan normal, sehingga pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat juga tersendat.

Marilah kita semua berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk belajar berdemokrasi dengan dewasa. Sehingga dalam kesempatan pesta demokrasi ini masyarakat benar-benar akan mendapatkan pemimpin yang berkwalitas yang akan bisa membawa kemajuan desa dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.



by : mas Q-tuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO