PROGRAM KAMBING BERGULIR DESA NGUNUT EFEKTIF SEJAHTERAKAN PETANI

Pola pertanian terpadu menjadi bagian yang penting dan termasuk program yang digiatkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani. Di samping pada sisi pertanian tanaman pangan, diharapkan para petani juga mempunyai ternak untuk lebih mengoptimalkan kinerja mereka. Hal inilah yang digarap oleh Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Rukun Sejahtera Abadi. Melalui program ternak bergulir yang disediakan oleh pemerintah Desa, usaha ini dioptimalkan oleh Pemerintah Desa Ngunut agar benar-benar mampu mengangkat kesejahteraan warga.

Tidak hanya bantuan kambing bergulir dari pemerintah Desa ada juga program yang ditopang oleh Pemprov Jatim melalui Program Jalin Kesra, untuk program kambing bergulir di Desa Ngunut yang sudah berjalan selama 4 tahun ini terbukti efektif memberdayakan masyarakat. Para petani maupun buruh tani yang tidak punya hewan piaraan diberi kesempatan menggaduh hewan dengan peraturan apabila kambing sudah beranak maka anaknya menjadi hak milik bagi yang menggaduh sedangkan kambing induknya digulirkan kepada petani yang lain.

Tidak cukup sampai di situ  pemerintah Desa  Ngunut juga memberi arahan kepada warga untuk mengoptimalkan lahan yang mereka punya sebagai tempat memelihara unggas dan hewan lain. “Selain bisa sebagai tambahan pemasukan keluarga rupanya hal ini efektif untuk meningkatkan pola makanan bergizi bagi warga. Warga tidak perlu membeli daging dan telur, cukup memenuhi kebutuhan protein dari lingkungannya sendiri,ungkap Hari Sumarsono selaku Kepala Desa Ngunut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO