PERTANIAN TERPADU DENGAN PETERNAKAN KUNCI SEJAHTERAKAN PETANI

Pola pertanian terpadu menjadi bagian yang penting dan termasuk program yang digiatkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani. Disamping pada sisi pertanian tanaman pangan diharapakan para petani juga memunyai ternak untuk lebih mengoptimalkan kinerja mereka. Hal inilah yang digarap oleh kelompom tani rukun maju bersama. Melalui program ternak bergulir yang disediakan oleh pemerintah kabupaten usaha ini berusaha dioptimalkan oleh pemerintah desa Ngunut untuk benar benar mampu mengangkat kesejahteraan warga yang ada.

Tidak hanya dari bantuan kambing bergulir dari pemerintah kabupaten yang ditopang oleh pemprov Jatim melalui program jalin Kesra, program yang sudah berjalan selama 1 tahun ini terbukti efektif memberdayakan masyarakat. Mereka para petani maupun buruh tani yang tidak punya piaraan diberi kesempatan menggaduh hewan dengan peraturan anak apabila kambing sudha beranak maka anaknya menjadi hak milik bagi yang menggaduh sedangkan kambing induknya digulirkan kepada petani yang lain.

Tidak cukup sampai disitu  pemerintah Desa Ngunut juga memberi arahan kepada warga untuk mengoptimalkan lahan yang mereka punya sebagai tempat memelihara unggas dan hewan lain. “Selain bisa sebagai tambahan pemasukan keluarga rupanya hal ini efektif untuk meningkatkan pola makanan bergizi bagi warga. Warga tidak perlu membeli daging dan telur, cukup memenuhi kebutuhan protein dari lingkungannya sendiri,ungkap Hari Sumarsono Kepala Desa Ngunut

Komentar

  1. kambing bergulire sudah,,,kapan sapi bergulirnya pak lurah,,,dalem amprah no 1

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO