BANTUAN KAMBING UNTUK KELOMPOK AFINITAS

Pembangunan fisik yang dilaksanakan pemerintah akan kurang mendapat dukungan yang kuat dari seluruh lapisan masyarakat,apabila masyarakat lemah dari sisi ekonominya. Dalam rangka membentuk masyarakat yang kuat dan berdaya,maka perlu diadakan kelompok masyarakat yang berserikat dan mempunyai kegiatan rutin bersama. Saat ini warga desa Ngunut telah membentuk organisasi yang diikuti oleh masyarakat yang kurang mampu,yang dalam setiap bulan bisa melakukan koordinasi dengan arisan rutin secara bergiliran di rumah anggota.
Kelompok tersebut terdiri dari 2 kelompok wanita dan 2 kelompok pria yang terbagi menjadi 2 wilayah,yaitu warga Ngunut 1 dan 2 menjadi satu kelompok pria yang diberi nama kelompok SEJAHERA dan wanita yang diberi nama RAHAYU,dan Ngunut 3 dan 4 menjadi satu kelompok pria yang diberi nama HARAPAN KITA dan kelompok wanita BERDIKARI. Dengan didampingi oleh tim dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo,setiap bulan telah mengadakan musyawarah untuk membahas kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dari kesimpulan musyawarah yang dilakukan akhirnya disepakati untuk mengajukan bantuan ternak kambing yang akan dipelihara anggota kelompok. Dari proposal yang diajukan akirnya terealisasi bantuan kambing dari APBD Kabupaten Ponorogo. Kambing bantuan tersebut terbagi untuk kelompok RAHAYU mendapat 12 ekor, BERDIKARI 13 ekor, SEJAHTERA 16 ekor dan HARAPAN KITA 15 ekor. 
Untuk selanjutnya kambing tersebut dipelihara di rumah masing-masing anggota. Untuk memperkuat koperasi kelompok,setiap bantuan seekor kambing setiap anggota tiap bulan wajib mencicil sebesar Rp.50.000,yang dana tersebut akan digunakan untuk modal koperasi simpan pinjam yang akan dimanfaatkan oleh anggota kelompok yang tidak mendapat bantuan kambing. Semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat yang akirnya akan meningkatkan taraf hidup masyaraka,khususnya warga yang masih dalam kategori warga miskin yang ada di desa Ngunut.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO