Pepaya California, Buah Yang Menjajikan







Gambar di atas merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.
Salah satu warga yang menanam pepaya California adalah Bapak Fudholi Basyori, di Desa Ngunut, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo.
Kata beliau, Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter.
Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Pemupukan harus diberikan sebelum masa tanam tiba. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik berupa kotoran hewan yang sudah terurai. Dengan pupuk yang banyak maka pohon pepaya akan tumbuh dengan subur dan buahnya besar.
Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4-6 hari sekali sehingga dalam sebulan dapat dipanen sampai 5 kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 3 hingga 6 buah.
Bapak Fudholi  menanam sekitar 100 pohon papaya California yang beliau tanam dengan memanfaatkan lahan kosong di samping rumah dan pekarangan rumah. Bapak Fudholi panen setiap 7 hari sekali. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH BATORO KATONG dan PONOROGO

Ahmad Rony Yustianto, ST. Anak Ngunut yang sukses di Bisnis Property

KOLIQ AGUSDIANTO, SE PENGUSAHA ASLI PONOROGO